Search

Swe Zin Htet, Wakil Myanmar di Miss Universe 2019 Mengaku sebagai Penyuka Sesama

Liputan6.com, Los Angeles - Ada hal menarik yang dilakukan Swe Zin Htet, perwakilan Myanmar dalam Miss Universe 2019, beberapa hari jelang malam puncak perhelatan ini, yakni Minggu (8/12/2019) malam waktu setempat.

Dilansir dari People, Swe Zin Htet mengungkap bahwa dirinya adalah seorang penyuka sesama jenis, lewat blog Missology pada 29 November 2019 lalu. Dalam blog tersebut, wanita 20 tahun tersebut mengungkap bahwa ia mulai menyadari orientasi seksualnya ini sejak berusia 15-16 tahun.

Pada hari yang sama, ia mengunggah pride flag berbentuk bendera pelangi, sebagai identitas LGBTQ.

Dengan pengakuannya ini, Swe Zin Htet adalah kontestan pertama dalam sejarah Miss Universe 2019 yang mengakui secara terbuka sebagai penyuka sesama jenis.

2 dari 7 halaman

Alasan

Dalam wawancara dengan People, Swe Zin Het mengungkapkan alasannya untuk membuka orientasi seksualnya. Ia meyakini bahwa hal ini akan membawa pengaruh di negaranya.

3 dari 7 halaman

Dampak Besar

"Aku punya platform, bila aku mengaku bahwa diriku adalah seorang lesbian, ini akan membawa dampak besar bagi komunitas LGBTQ di Burma," tuturnya lewat penerjemah.

4 dari 7 halaman

Cap Buruk LGBTQ

Hal ini ia lakukan karena LGBTQ memiliki cap buruk di sana. "Yang sulit adalah di Burma, kaum LGBTQ tak diterima. Mereka dipandang rendah oleh orang dan menjadi sasaran diskriminasi," kata dia.

5 dari 7 halaman

Sempat Ditolak Keluarga

Wanita yang mendapat julukan "Superman" dari penggemar ini juga sempat mendapat penolakan dari keluarga ketika ia mengakui hal ini kepada mereka sekitar lima tahun lalu.

"Awalnya, mereka marah. Mereka tidak menerimaku. Tapi setelahnya, saat mereka tahu lebih banyak tentang komunitas LGBTQ, mereka mulai menerimaku," tuturnya.

6 dari 7 halaman

Tiga Tahun

Sebelum Swe Zin Htet mengungkap orientasi seksualnya, tak banyak yang tahu bahwa ia menyukai sesama jenis. Hanya orang dekatnya yang tahu bahwa ia telah tiga tahun menjalin hubungan asmara dengan penyanyi di negaranya, Gae Gae.

7 dari 7 halaman

Lembaran Baru

Swe Zin Htet berharap ia bisa mengadvokasi publik, terutama di negaranya, setelah membuat pengakuan ini.

"Rasanya seperti aku membuka lembaran baru dalam kehidupanku," kata dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/showbiz/read/4129244/swe-zin-htet-wakil-myanmar-di-miss-universe-2019-mengaku-sebagai-penyuka-sesama

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Swe Zin Htet, Wakil Myanmar di Miss Universe 2019 Mengaku sebagai Penyuka Sesama"

Post a Comment

Powered by Blogger.